CloudHQ: Synchronize Files antar Google Drive

Posted by Noer Rachman Hamidi on Thursday, May 16, 2019


CloudHQ
Alasan saya memilih CloudHQ karena beberapa hari yang lalu menggunakan layanan ini untuk memindahkan file backup dari VPS ke Google Drive. Kebetulan juga karena layanan ini memberikan produk yang gratis, meskipun juga ada yang berbayar. Tetapi dari pengalaman kemarin, saya cukup nyaman menggunakan layanan versi gratisnya untuk memindahkan file yang berukuran sekitar 500 MB.

Mungkin kamu punya file yang cukup besar di salah satu layanan cloud storage A, kemudian karena ada satu lain hal ingin memindahkannya ke cloud storage B. Misal saja dari Dropbox ke Google Drive. Kalau filenya cuma kecil ukurannya, its ok jika memindahkannya secara manual. Yaitu dengan mengunduhnya kemudian diunggah ke cloud lain.

Akan tetapi jika file yang akan dipindah itu ukurannya besar, misalnya di atas 100MB tentu kamu akan mikir-mikir lagi kalau mau memindahkannya secara manual. Selain tidak efektif, tentu juga berpengaruh ke kuota internet. Atau mungkin karena koneksi internet memang sedang lemot.

Nah, supaya memindahkan file tersebut bisa cepat hanya modal klik-klik saja, kamu bisa menggunakan layanan transfer antar cloud storage. Dari sekian banyaknya layanan yang ada di internet, saya ingin mengulas soal cloudhq.com

Kali ini saya ingin mempraktekan caranya. Sekali lagi ini bukan karena dibayar lhoh ya, ini murni sharing pengalaman saya kemarin saja.

Cara Memindahkan File melalui CloudHQ

Cara pertama silakan kamu buat akun dulu di CloudHQ.com. Setelah buat akun, langsung cek email untuk aktivasi akun kamu.

Setelah akun berhasil diaktivasi, kamu bisa login.

Langsung saja, kamu pilih menu Add Cloud Drives. Maka akan muncul banyak pilihan layanan cloud storage seperti Google Drive, Google Drive for G Suite, Dropbox, One Drive, FTP, Mega, Mediafire, Flickr, Box, dll.

Tahap pertama, silakan kamu pilih layanan cloud storage asal. Misalnya saja file yang akan dipindah ada di Dropbox, maka langsung klik Dropbox. Di sini saya akan contohkan untuk memindahkan backup file dari Dropbox ke Google Drive.
1. Klik Dropbox
2. Next
3. Display name biarkan default (Dropbox)
4. Klik Add Dropbox Account
5. Silakan login ke akun Dropbox kamu, dan berikan akses CloudHQ
6. Akun Dropbox berhasil ditambahkan


Kemudian, kamu tinggal menambahkan akun cloud storage tujuan. Di sini karena tujuan saya adalah Google Drive, maka saya pilih Google Drive.
1. Klik Add Cloud Drives
2. Pilih Google Drive
3. Next
4. Display name biarkan default (Google Drive)
5. Klik Add Google Drive Account
6. Pilih akun Google Drive (Gmail) yang dituju, dan berikan akses CloudHQ
7. Akun Google Drive berhasil ditambahkan


Saatnya memindahkan file…

Kalau masing-masing akun sudah terhubung, sekarang waktunya untuk memindahkan file. Caranya adalah :#1. Pilih menu Cloud Transfer
#2. Klik  From: Select the directory you want to transfer kemudian pilih cloud storage sumber. Karena saya ingin memindahkan file dari Dropbox, maka saya pilih Dropbox. Silakan di klik ikon expand untuk memilih folder yang akan dipindah. Jadi memindahkannya ini tidak bisa memilih per file, melainkan per folder.
Untuk itu kalau file yang ingin kamu pindah berada dalam satu folder file-file lain yang tidak ingin dipindah, sebaiknya buat folder baru dulu dan taruh file yang ingin dipindah di folder tersebut.
#3. Kalau sudah tinggal klik Ok saja.
#4. Kemudian di  To: Select the target directory you want to save the files to, pilih destinasinya. Caranya sama, cuma tinggal pilih cloud storage tujuannya saja. Dan ingin ditaruh di folder apa.
#5. Kalau sudah tinggal klik OK.
#6. Source dan destinasi cloud sudah diatur, sekarang tinggal kamu transfer saja. Kalau kamu ingin memindahkannya sekarang juga, langsung saja klik Transfer Now. Tetapi jika ingin kamu transfer nanti, atau ingin buat jadwal, silakan pilih Schedule dan tentukan waktunya.
#7. Di sini saya pilih Transfer Now. Maka proses transfer akan segera dimulai.
#8. Untuk melihat proses transfernya, kamu bisa klik ikon Task Manager.

Dan kamu bisa klik Detail untuk melihat detail proses transfernya.

Sampai di sini kamu tinggal menunggu prosesnya sampai selesai. Dan seperti itulah proses cara memindahkan file antar cloud storage. Caranya sangat mudah. Dan selain menggunakan layanan CloudHQ ini, kamu juga bisa menggunakan layanan lain yang ada. Untuk memindahkan dari cloud storage selain Google Drive / Dropbox, caranya sama. Silakan dioprek sendiri ya.

Kalau ingin mendapatkan yang unlimited, ya beli yang premium. :D Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terima kasih sudah membaca.

Description: CloudHQ: Synchronize Files antar Google Drive
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: CloudHQ: Synchronize Files antar Google Drive
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel CloudHQ: Synchronize Files antar Google Drive ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2019/05/cloudhq-synchronize-files-antar-google.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah