Disiplin Ilmu dan Amal.

Posted by Noer Rachman Hamidi on Sunday, June 10, 2018

Disiplin Ilmu dan Amal.
Ketika disiplin ilmu ditinggikan setinggi langit tetapi disiplin amal diabaikan, maka negeri ini hanya setingkat lebih tinggi dari himpunan orang-orang yang merugi. Kok bisa ?

Melalui surat Al-Asr Allah bersumpah dengan waktu, bahwa manusia semua dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman, beramal shaleh, saling menasihati dengan kebenaran dan kesabaran. Asumsinya kita sudah beriman, maka next-nya seharusnya adalah beramal shaleh.

Ilmu yang kita tuntut seharusnya menjadi landasan amal shaleh kita karena amal yang tidak didasari ilmu akan lebih banyak merusak dari pada memperbaiki. Tetapi ketika ilmu yang kita tuntut tidak  menggerakkan amal shaleh, maka tidak bermanfaat pula-lah ilmu itu.

Yang sudah beramal-pun tetap akan merugi kecuali yang beramal dengan ikhlas - karena nilai suatu amal tergantung niatnya. Yang beramal saja bisa rugi,  apalagi yang tidak beramal  - tambah rugi-lah dia.

Semua manusia dalam kerugian, kecuali sedikit yang mau belajar ilmu. Yang berilmu-pun tetap dalam kerugian kecuali sedikit yang beramal, dan yang beramal ini-pun masih dalam kerugian kecuali yang beramal dengan ikhlas.

Sudah waktunya kita lebih fokus pada mengajarkan atau mempelajari ilmu yang dapat sungguh-sungguh menjadi dasar amal, bukan hanya sekedar ilmu yang diajarkan atau dipelajari sebatas ilmu.

Bisa jadi ilmu-ilmu yang kita pelajari sampai jenjang tertinggi itu justru kelewat tinggi dibandingkan dengan tingkat amal yang dibutuhkan. Sehingga kita membuang begitu banyak resources untuk yang tidak perlu-perlu amat, sementara ilmu yang sangat diperlukan justru tidak kita mendapatkan perhatian dan resources yang cukup. Wallahua'lam.

Description: Disiplin Ilmu dan Amal.
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Disiplin Ilmu dan Amal.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Disiplin Ilmu dan Amal. ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2018/06/disiplin-ilmu-dan-amal.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah