Motivasi untuk Visi Besar Qurani

Posted by Noer Rachman Hamidi on Thursday, January 8, 2015


Ketika hendak menciptakan makhluk yang sangat kecil bernama manusia, Allah memberitahu ciptaanNya yang lebih dahulu bahwa manusia ini akan diberi misi yang sangat besar – yaitu sebagai khalifah, wakilNya, sebagai pemimpin atau penguasa bumi (QS 2:30). Di ayat lain juga dijelaskan manusia memiliki tugas untuk memakmurkan bumi (QS 11:61), dan juga sebagai penjaga keseimbangan di alam semesta (QS 55 : 8-9). Pertanyaannya adalah dengan apa manusia yang sangat kecil ini bisa mengemban misi yang begitu besar ? 

Kuncinya adalah dengan iman dan amal shaleh sebagaimana janjiNya : “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS 24:55)

Bahwasanya sekarang yang memimpin dunia adalah orang lain, ini bisa menjadi instrospeksi bagi kita semua. Jangan-jangan kita baru ber-Islam tetapi belum sampai derajat iman yang tanpa ragu ( QS 49:14-15), atau iman kita belum sampai membawa kita ke amal shaleh yang seharusnya. Amal shaleh di bidang apa ? di segala bidang yang kini dikuasai orang lain.

Ketika kita tidak bisa memakmurkan bumi sebagaimana yang seharusnya, maka orang lainlah yang menggarap dengan kehendaknya sendiri. Ketika bumi tidak ditangan orang yang beriman dan beramal shaleh, maka kemakmuran yang ada adalah semu dan bahkan keseimbangan alam semesta bisa terganggu.

Cerita-cerita mengerikan yang dilakukan oleh sebagian elit dunia yang kini sedang menguasai bidangnya masing-masing ini, sesungguhnya bisa menjadi pelajaran tersendiri bagi kita – bahwa begitulah misi besar mereka untuk menguasai dunia dan bagaimana mereka akan mengelolanya.

Maka ini menjadi peringatan kepada kita semua, bahwa misi besar yang sesungguhnya bagi alasan diciptakannya manusia di muka bumi adalah untuk menyembah kepadaNya dengan tanpa mensekutukanNya dan memakmurkan bumiNya.

“…sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya…" (QS 11 :61)

Bila kita lalai tidak mau atau merasa perlu ber Amal Shaleh atau tidak perduli dengan misi mereka ini, yang berjalan di muka bumi adalah justru misi yang merusak. Padahal kita telah diberikan Petunjuk yang Sempurna (Al Quran) dari Dia Yang Maha Tahu dan Maha Pencipta,
"(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." (QS 3 :138-139)

Pertanyaannya adalah lantas apakah orang-orang kecil seperti kita akan bisa melawan agenda-agenda besar para elit dunia yang memiliki segala kekuatan yang dibutuhkan ? mereka memiliki dana yang sangat besar untuk mempromosikan agendanya, bahkan mereka menguasai media, menguasai segala persenjataan sampain system pemerintahan dunia ?

Mindset-nya yang harus diubah, kita tidak melawan mereka – tetapi kita menjalankan misi yang ditugaskanNya kepada kita. Kita ditugaskan olehNya untuk menyembah kepadaNya dengan tidak mensekutukanNya dan menjadi pemakmur bumiNya, maka inilah yang kita lakukan.

Bahwa ada orang lain yang mempunyai agenda sebaliknya, biarlah Dia sendiri yang akan menyelesaikannya. Bahwa suatu saat yang hak akan dibenturkan dengan yang batil, biarlah Dia pula yang mengaturnya.

Yang jelas adalah Dia Yang Maha Tahu dan Dia Yang Maha Adil telah memberitahu kita bahwa dia tidak akan membebani kita dengan tugas yang tidak mampu kita emban : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya...” (QS 2 : 286)

Artinya adalah ketika Dia menugasi kita untuk memakmurkan bumi atau bahkan menjaga keseimbangan di alam semesta, Dia tahu bahwa tugas tersebut akan mampu kita emban. Kitanya saja bisa jadi karena kurangnya ilmu, iman dan kemauan – tidak atau belum merasa PD (Percaya Diri) untuk tugas besar tersebut.

Nah untuk membangun rasa PD sebagai pemakmur bumi inilah kita perlu mengasahnya dengan berlatih, mulai dengan langkah-langkah kecil yang bisa kita lakukan. Hal-hal kecil yang nampak sepele tetapi merupakan bagian dari misi besar yang menjadi salah satu alasan penciptaan kita di muka bumi ini.

Wallahu A'lam.


Renungan QS 31: 2-8
(2): "Inilah ayat-ayat Al Quran yang mengandung hikmat,"
(3): "menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan,"
(4) "(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka yakin akan adanya negeri akhirat."
(5) "Mereka itulah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."
(6): "Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan "lahwa al hadist" (rujukan/dalil/hukum yang tidak berguna) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan."
(7): "Dan apabila dibacakan kepadanya "ayat-ayat Kami" (Al Quran) dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbat di kedua telinganya; maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih."
(8): "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan," Description: Motivasi untuk Visi Besar Qurani
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Motivasi untuk Visi Besar Qurani
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Motivasi untuk Visi Besar Qurani ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2015/01/motivasi-untuk-visi-besar-qurani.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah