Ma'rifah Q.S. Al Maidah

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, April 5, 2016


๐ŸŽŽPendahuluan:
✅ Buah keimanan adalah ketenangan hidup & kebahagiaan hati. Org yg paling bahagia adlh Rasul SAW krn kualitas keimanannya paling baik.

✅ Rizki terbesar dr Allah yg harus kita pertahankan
~ Kemuliaan ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿผ Allah muliakan kita dgn..
~ Kebahagiaan ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿผ Allah bahagiakan kita dgn iman
~ Keistimewaan ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿผ Allah istimewakan kita dgn Al Quran

✅ Org yg paling istimewa di antara kita adlah org yg kualitas qurannya paling bagus. Bkn hanya skdr bacaan, bkn hanya skdar hafalan, tpi jg juga pikiran, perasaan dan sikapnya bagus sesuai quran.

๐ŸŽŽ Isi:
✅ Q.S. Al-Maidah 
★Q.S. Al-Maidah diturunkan sblm Q.S. Al Fath
★Q.S. Al-Maidah scara bahasa artinya makanan 
★Q.S. Al-Maidah pokok isinya ttg halal dan haram.
★Q.S. Al-Maidah mrpkan slh satu surat yg trkhr diturunkan
★Q.S. Al-Maidah mrpkan surat madaniyah

✅ Hukum halal dan haram merupakan ungkapan cinta Allah SWT kpd org yg beriman. Sprti org tua yg melarang anaknya jajan sembarangan demi kesehatan dan menyuruh kita makan makanan yg sehat.

✅ Q. S. Al A'raf: 157
(ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَุชَّุจِุนُูˆู†َ ุงู„ุฑَّุณُูˆู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุงู„ْุฃُู…ِّูŠَّ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠَุฌِุฏُูˆู†َู‡ُ ู…َูƒْุชُูˆุจًุง ุนِู†ْุฏَู‡ُู…ْ ูِูŠ ุงู„ุชَّูˆْุฑَุงุฉِ ูˆَุงู„ْุฅِู†ْุฌِูŠู„ِ ูŠَุฃْู…ُุฑُู‡ُู…ْ ุจِุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ ูˆَูŠَู†ْู‡َุงู‡ُู…ْ ุนَู†ِ ุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ ูˆَูŠُุญِู„ُّ ู„َู‡ُู…ُ ุงู„ุทَّูŠِّุจَุงุชِ ูˆَูŠُุญَุฑِّู…ُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ُ ุงู„ْุฎَุจَุงุฆِุซَ ูˆَูŠَุถَุนُ ุนَู†ْู‡ُู…ْ ุฅِุตْุฑَู‡ُู…ْ ูˆَุงู„ْุฃَุบْู„َุงู„َ ุงู„َّุชِูŠ ูƒَุงู†َุชْ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ۚ ูَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุจِู‡ِ ูˆَุนَุฒَّุฑُูˆู‡ُ ูˆَู†َุตَุฑُูˆู‡ُ ูˆَุงุชَّุจَุนُูˆุง ุงู„ู†ُّูˆุฑَ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃُู†ْุฒِู„َ ู…َุนَู‡ُ ۙ ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆู†َ)
(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Allah menghalalkan sesuatu yg mengandung kebaikan dan mengharamkan sesuatu yg mengandung keburukan.

✅ Q.S. Al Maidah: 100
(ู‚ُู„ْ ู„َุง ูŠَุณْุชَูˆِูŠ ุงู„ْุฎَุจِูŠุซُ ูˆَุงู„ุทَّูŠِّุจُ ูˆَู„َูˆْ ุฃَุนْุฌَุจَูƒَ ูƒَุซْุฑَุฉُ ุงู„ْุฎَุจِูŠุซِ ۚ ูَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ูŠَุง ุฃُูˆู„ِูŠ ุงู„ْุฃَู„ْุจَุงุจِ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆู†َ)
Katakanlah: "Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan".
Tidaklah sama antara yg baik dan yg buruk

✅ Hal pertama yg diharamkan oleh Allah di Q.S. Al Maidah adalah mengenai makanan. Makanan adlh awal dari segala kebaikan.

★ Q.S. Al Maidah: 3
(ุญُุฑِّู…َุชْ ุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ْู…َูŠْุชَุฉُ ูˆَุงู„ุฏَّู…ُ ูˆَู„َุญْู…ُ ุงู„ْุฎِู†ْุฒِูŠุฑِ ูˆَู…َุง ุฃُู‡ِู„َّ ู„ِุบَูŠْุฑِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจِู‡ِ ูˆَุงู„ْู…ُู†ْุฎَู†ِู‚َุฉُ ูˆَุงู„ْู…َูˆْู‚ُูˆุฐَุฉُ ูˆَุงู„ْู…ُุชَุฑَุฏِّูŠَุฉُ ูˆَุงู„ู†َّุทِูŠุญَุฉُ ูˆَู…َุง ุฃَูƒَู„َ ุงู„ุณَّุจُุนُ ุฅِู„َّุง ู…َุง ุฐَูƒَّูŠْุชُู…ْ ูˆَู…َุง ุฐُุจِุญَ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†ُّุตُุจِ ูˆَุฃَู†ْ ุชَุณْุชَู‚ْุณِู…ُูˆุง ุจِุงู„ْุฃَุฒْู„َุงู…ِ ۚ ุฐَٰู„ِูƒُู…ْ ูِุณْู‚ٌ ۗ ุงู„ْูŠَูˆْู…َ ูŠَุฆِุณَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูƒَูَุฑُูˆุง ู…ِู†ْ ุฏِูŠู†ِูƒُู…ْ ูَู„َุง ุชَุฎْุดَูˆْู‡ُู…ْ ูˆَุงุฎْุดَูˆْู†ِ ۚ ุงู„ْูŠَูˆْู…َ ุฃَูƒْู…َู„ْุชُ ู„َูƒُู…ْ ุฏِูŠู†َูƒُู…ْ ูˆَุฃَุชْู…َู…ْุชُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ู†ِุนْู…َุชِูŠ ูˆَุฑَุถِูŠุชُ ู„َูƒُู…ُ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…َ ุฏِูŠู†ًุง ۚ ูَู…َู†ِ ุงุถْุทُุฑَّ ูِูŠ ู…َุฎْู…َุตَุฉٍ ุบَูŠْุฑَ ู…ُุชَุฌَุงู†ِูٍ ู„ِุฅِุซْู…ٍ ۙ ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุบَูُูˆุฑٌ ุฑَุญِูŠู…ٌ)
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

★ Q.S. Al Maidah: 88
(ูˆَูƒُู„ُูˆุง ู…ِู…َّุง ุฑَุฒَู‚َูƒُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุญَู„َุงู„ًุง ุทَูŠِّุจًุง ۚ ูˆَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَู†ْุชُู…ْ ุจِู‡ِ ู…ُุคْู…ِู†ُูˆู†َ

"Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

Makanlah dr sebagian (yg halal) yg telah di rizkikan oleh Allah. Sunnah nya, sblm kita meninggal 1/3 dr harta yg kita punya diinfaq-kan.

★ Sebaiknya berinfaq pada saat subuh krn akan didoakan malaikat.

★ Setiap daging yg tumbuh dari harta yg haram akan mendapat azab neraka.

_Wallahu a'lam_

Description: Ma'rifah Q.S. Al Maidah
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Ma'rifah Q.S. Al Maidah
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Ma'rifah Q.S. Al Maidah ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2016/04/marifah-qs-al-maidah.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah