Apa saja yang telah kita lakukan dalam 67 tahun merdeka?

Posted by Noer Rachman Hamidi on Monday, August 5, 2013


Telah 67 tahun lebih kita merdeka, setengah lusin presiden berganti, beratus tokoh-tokoh terbaik silih berganti menjadi menteri, beribu wakil-wakil rakyat terbaik berusaha menyuarakan kepentingan rakyatnya. Tidak kurang pula dengan perguruan-perguruan tinggi terbaik di berbagai bidang, demikian juga dengan berbagai lembaga-lembaga penelitian dan pengkajian teknologi. Tetapi mengapa ini semua belum juga cukup untuk menjawab satu masalah yaitu kemandirian pangan untuk rakyat negeri ini ?

Tahun lalu impor bahan pangan dari empat komoditi utama kita saja mencapai 11.7 juta ton dengan total nilai sekitar US$ 4.9 Milyar. Terbesarnya adalah gandum (6.3 juta ton, US$ 2,3 milyar) diikuti kedelai (1,9 juta ton, US$ 1.2 milyar), jagung (1.7 juta ton, US$ 0.5 milyar) dan beras (1.8 juta ton, US$ 0.9 milyar).

Pertanyaannya adalah pantaskah negeri yang paling kaya potensi sumber daya alam ini terus mengimpor bahan pangannya ? Apa saja yang telah kita lakukan dalam 67 tahun merdeka?

Salah satu tantangan terbesar kita adalah bagaimana me-restorasi generasi yang telah dirusak oleh peradaban sebelumnya. Peradaban sebelumnya ini dicirikan oleh banyaknya ilmu sedikitnya amal, sumber daya melimpah tetapi mayoritas penduduk negeri justru miskin, konsentrasi kemakmuran ke segelintir orang, pemimpin a la demokrasi yang lalai memperhatikan kepentingan rakyat serta krisis pemenuhan kebutuhan pokok berupa makanan, air dan energi.

Saatnya kita berubah, membangun kemandirian pertanian, peternakan, energi dan teknologi dalam membangun (kembali) kemakmuran umat yang memiliki tanah yang subur ini. InsyaAllah kitalah yang menjadi pelaku perubahan tersebut. Amin YRA. Description: Apa saja yang telah kita lakukan dalam 67 tahun merdeka?
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Apa saja yang telah kita lakukan dalam 67 tahun merdeka?
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Apa saja yang telah kita lakukan dalam 67 tahun merdeka? ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/apa-saja-yang-telah-kita-lakukan-dalam-67-tahun-merdeka.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah