Melawan Kemungkaran di jaman ini

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, August 6, 2013


Dalam Islam, orang beriman memiliki kewajiban untuk berbuat sesuatu manakala melihat kemungkaran. Yang terbaik tentu berbuat dengan (tangan) atau kekuasaannya, kalau tidak bisa baru dengan ucapannya (jaman sekarang bisa berarti tulisan !), dan kalau inipun tidak bisa setidaknya mengubah (menolak) dalam hatinya – dan ini selemah-lemah iman.

“Barangsiapa diantara kamu yang melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya; jika ia tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya; dan jika tidak mampu,(ubahlah) dengan hatinya. Dan itulah selemah-lemahiman.” (HR Bukhari, Muslim, dan Ashabus Sunan).

Kemungkaran di jaman ini banyak sekali bentuknya, bisa berupa kebijakan publik yang menyengsarakan rakyat. Bisa system ekonomi yang membuat si kaya tambah kaya dan memperbanyak jumlah penduduk miskin. Bisa berupa penyia-nyiaan lahan produktif hanya untuk kepentingan spekulasi, penguasaan berlebihan sumber daya alam oleh sekelompok orang tertentu dlsb. dlsb. Intinya kita harus berbuat sesuatu bila melihat kemungkaran, bila selemah-lemah iman itu mengubah atau menolak dalam hati, berarti kalau hati kita tidak menolaknya – jangan-jangan memang tidak ada atau belum ada iman di hati kita ?

Bisa jadi yang kita lakukan ini adalah hal yang sangat kecil, akal manusia-pun tidak sampai bisa memahami hal yang sangat kecil tersebut. Tetapi di hadapan Yang Maha Kuasa, tidak ada yang terlalu kecil untuk merubah sesuatu yang sangat besar. Maka sekarang waktunya kita berbuat untuk melawan kemungkaran itu, sekecil apapun yang bisa kita lakukan… Mudah-mudahan dengan yang kecil itu kita bisa menghadirkan pertolonganNya Yang Maha Kuasa !. Amin YRA.
www.agribisnis-indonesia.com Description: Melawan Kemungkaran di jaman ini
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Melawan Kemungkaran di jaman ini
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Melawan Kemungkaran di jaman ini ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/melawan-kemungkaran-di-jaman-ini.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah