Siapa penemu mesin jam?

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, August 6, 2013


Bila Anda mencari siapa penemu mesin jam yang sangat canggih yang mulai di hasilkan oleh para ‘Tukang Insinyur’ di barat lebih dari se abad lalu itu, kemungkinan besarnya Anda tidak menemukannya. Karena mesin jam yang canggih tersebut tidak ditemukan oleh para ‘Tukang Insinyur’ di dunia barat, tetapi dihasilkan oleh ‘Tukang Insinyur’ Muslim sekitar 7 abad sebelumnya.

Pengakuan ini dapat Anda temukan di Swiss - pusatnya industry jam yang tidak terkalahkan oleh negara lain lebih dari satu abad. Di sebuah museum jam Musée d'Horlogerie du Locle, Château des Monts, in Le Locle, Switzerland terdapat reproduksi sebuah jam karya abad pertengahan yang disebut jam gajah (elephant clock). Hanya ada dua jam karya ‘Tukang Insinyur’ Muslim abad pertengahan ini yang kini bener-bener hidup, yaitu yang satu lagi di Ibn Battuta Mall di Dubai.

Tetapi siapa penemu jam ini sesungguhnya ?, inilah sumber inspirasinya. Jam gajah adalah salah satu karya saja dari ‘Tukang Insinyur’ Muslim yang bernama Abu al-'Iz Ibn Isma'il ibn al-Razaz al-Jazari (1136–1206), dia-lah penemu berbagai mesin canggih – bahkan untuk ukuran jaman ini sekalipun.

Temuan-temuan ini kemudian dia bukukan dalam kitab permesinan yang sangat komprehensif dengan judul Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Tentang Alat-alat Mekanik yang Cerdas).

Tetapi dari mana Al-Jazari bisa begitu cerdas dengan sejumlah karyanya tersebut ?, dari mana dia belajar ?. Saya terus terang belum sempat meneliti detil Riwayat Hidup – Al-Jazari ini. Tetapi yang jelas dia adalah orang shaleh yang hidup sejaman dengan Shalahuddin Al-Ayyubi (1137-1193) atau yang dikenal dengan Generasi Shalahuddin. Yaitu suatu jaman ketika Islam lagi berjaya dan bangkit lagi dari keterpurukannya. Jaman di mana umat ini kembali pada tuntunan Al-Qur’an sebagai sumber petunjuk dan rujukannya untuk segala macam ilmu pengetahuan dan urusan. Maka sangat bisa jadi, Al-jazari yang shaleh ini menemukan mesin-mesinnya yang canggih tersebut dari sumber inspirasi yang sama yaitu Al-Quran. Subhanallah...

Manufaktur Indonesia Description: Siapa penemu mesin jam?
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Siapa penemu mesin jam?
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Siapa penemu mesin jam? ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/siapa-penemu-mesin-jam.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah