Permintaan yang selalu ada jawabannya

Posted by Noer Rachman Hamidi on Saturday, August 29, 2015



Seorang anak kecil yang sangat nakal menangis siang malam minta ini dan itu kepada orang tuanya. Dengan penuh kasih sayang sang orang tua-pun selalu memenuhi permintaan si anak.  Namun setiap kali permintaannya diberi, si anak malah menolak pemberian orang tuanya sambil terus merengek minta ini dan minta itu lagi. Demikianlah rata-rata kita manusia, permintaan kita yang paling banyak itu sebenarnya selalu dikabulkanNya – tetapi kita sendiri yang kemudian menolaknya !

Siang malam setidaknya 17 kali kita meminta petunjuk kepadaNya dalam setiap raka’at sholat kita:

“Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS 1:6-7)

Do’a yang paling sering kita ucapkan ini sebenarnya langsung dijawab Allah, dan jawabannya-pun ditaruh sangat dekat dengan do’a kita. DitaruhNya di surat berikutnya, hanya berjarak satu ayat :

“Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” (QS 2:2)

Lihat kedekatan do’a dengan jawabannya ini - kita selalu minta petunjukNya - untuk diberi jalan yang lurus, dan langsung dijawabNya inilah (Al-Qur’an) jawabannya, petunjuk yang sama sekali tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bari orang yang bertakwa.

Masalahnya adalah sudah kita gunakankah petunjuk (Al Quran) yang tanpa keraguan tersebut ? 
Mengapa kita lebih senang menggunakan petunjuk yang lain (selain Al Quran) dalam politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, bahkan dalam pendidikan untuk anak-anak kita...?
Bahkan media yang dikabarkan oleh manusia lebih kita perhatikan daripada Kabar dari Maha Pencipta (Firman Allah)...?

Semoga kita semua menyadari kekeliruan kita selama ini. Aamiin.

Description: Permintaan yang selalu ada jawabannya
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Permintaan yang selalu ada jawabannya
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Permintaan yang selalu ada jawabannya ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2015/08/permintaan-yang-selalu-ada-jawabannya.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah