Apakah BLSM itu solusi?

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, August 6, 2013


Apakah BLSM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat) untuk meringankan beban rakyat miskin menghadapi inflasi yang ditrigger oleh kenaikan harga BBM ini merupakan solusi yang effective dan efficient?

Anda bisa tes menanyakan hal ini ke 10 orang, saya yakin sebagian besarnya akan bilang tidak effective dan tidak efficient.

Tidak effective karena dia hanya mengobati symptoms atau gejala-gejala sesaat, tidak mengobati penyakit beratnya beban hidup itu sendiri – beban kemiskinan.
Tidak efficient karena bisa Anda saksikan betapa besar kerepotan program BLSM ini sendiri, dananya, systemnya, SDM yang terlibat dari menteri sampai aparat-aparat di daerah-daerah terpencil – semuanya hanya untuk mengatasi symptoms sesaat – tidak menyembuhkan penyakit itu sendiri.

Lantas apakah ada solusi yang effective dan efficient untuk masalah-masalah kemiskinan dan masalah sosial semacam ini ?

Jawabannya tergantung kita sendiri, yaitu apakah prasyaratnya dapat kita penuhi atau tidak.
Apa prasyaratnya itu ? Iman dan takwa ! (QS 7:96). Bila tanpa iman, diberi petunjuk didepan mata-pun kita akan ngeyel atau setidaknya akan ragu. Bila tanpa takwa, apa yang diperintahkan-pun tidak kita laksanakan malah sebaliknya yang dilarang yang kita lakukan - na’udzubillah.

solusi properti Description: Apakah BLSM itu solusi?
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Apakah BLSM itu solusi?
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Apakah BLSM itu solusi? ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/apakah-blsm-itu-solusi.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah