Ketika Para Penguasa tidak bisa Selesaikan Tugasnya...

Posted by Noer Rachman Hamidi on Wednesday, August 7, 2013






Ketika para penguasa tidak bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat atau bahkan sebagian dari kebijakannya justru menimbulkan masalah di masyarakat – seharusnya para ulama mampu mengingatkan mereka dengan nasihat yang solutif, atau bahkan mencegah mereka dari membuat kebijakan yang merugikan masyarakat.

Terjadinya banyak kecurangan di pasar, ketimpangan ekonomi, korupsi, perusakan sumber daya alam atas nama untuk mengejar pertumbuhan ekonomi, penjajahan ekonomi kapitalis di negara-negara berpenduduk mayoritas muslim dlsb. Tetapi masalah yang ada adalah para ulama tidak mampu memberikan solusi karena para ulama yang berilmu kurang menguasai praktek lapangannya.

Ulama-ulama sekarang bisa jadi beranggapan bahwa urusan tersebut kini adalah urusan ‘para-ahli’nya yaitu pemerintah dan para ahli ekonomi. Tetapi masalahnya adalah ketika pemerintah dan para ahli ekonomi tersebut tidak menggunakan rujukan yang adil – untuk kemaslahatan umat yang lebih luas dalam jangka panjang – maka tidak ada lagi yang mengingatkan mereka-mereka ini.

Lantas siapa ulama sekarang yang bisa mengingatkan pemerintah agar tidak membuat kebijakan moneter yang menimbulkan inflasi yang merugikan rakyat ? atau kebijakan yang membuat ekonomi biaya tinggi ?, harga pangan mahal ?, sebagian komoditi pangan harus diimpor?, petani dalam negeri harus head-to- head bersaing dengan industri pertanian raksasa negara maju, kerusakan lingkungan dlsb-dlsb?

Disinilah relevansinya meniru dakwah para wali dahulu yang telah membuat dakwah mereka mudah meluas dan merasuk kedalam hati masyarakat. Dakwah bil-haal mereka – yaitu dakwah yang mengedepankan perbuatan nyata - menyelesaikan problem-problemmasyarakat pada jamannya.
Wallahu A’lam.
rumah hikmah

Description: Ketika Para Penguasa tidak bisa Selesaikan Tugasnya...
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Ketika Para Penguasa tidak bisa Selesaikan Tugasnya...
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Ketika Para Penguasa tidak bisa Selesaikan Tugasnya... ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/ketika-para-penguasa-tidak-bisa-selesaikan-tugasnya.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah