Perdagangan di Era Informasi

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, August 6, 2013


Peranan informasi begitu penting dalam pembentukan suatu harga, maka sungguh ironi bila di era ultra modern sekarang ini – dimana seluruh petani peternak memiliki handphone dan bahkan akses internet, juga seluruh konsumen memiliki teknologi yang sama – kok dari waktu ke waktu masih terjadi krisis harga pada barang-barang kebutuhan pokok. Lantas dimana masalahnya ?

Dalam hal informasi tentang supply, demand, cost, stock, future stock dlsb. yang terkait dengan kebutuhan - kebutuhan pokok seperti kedelai, daging dan bawang putih, terlihat kita masih seperti masyarakat primitif yang tersesat pada perjalanan di kegelapan malam.

Di langit ada bermilyar bintang, tetapi kita tidak menggunakannya sebagai penunjuk arah. Maka peluangnya ada pada orang yang bisa merangkai titik-titik bintang di langit sehingga dia tahu arah utara, timur, selatan dan barat. Demikian pula di era informasi sekarang ini, sumber informasi itu tidak terhitung jumlahnya – hanya belum dirangkai saja. Maka peluangnya adalah bila ada kita mampu merangkai secara cukup informasi itu sehingga bisa tercapai efisiensi pasar.

Untuk urusan bahan pokok seperti kedelai, daging dan bawang putih yang masih segar diingatan kita krisisnya masing-masing, mestinya departemen pertanian dan/ atau departemen perdagangan dengan mudah melakukan fungsi connecting the dots tersebut di atas – sehingga krisis-krisis harga yang menyusahkan rakyat itu tidak boleh terjadi.

InsyaAllah kita bisa meminimalisir inflasi harga kebutuhan-kebutuhan pokok untuk umat di negara ini. Wallahu A'lam.
www.eksportir-indonesia.com Description: Perdagangan di Era Informasi
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Perdagangan di Era Informasi
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Perdagangan di Era Informasi ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/perdagangan-di-era-informasi.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah