IMF dan bagaimana peran kita?

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, August 6, 2013


Foto yang amat terkenal dibawah seolah bercerita dengan sejuta kata, betapa suatu negeri besar dengan lebih dari 200 juta penduduknya, harus tunduk pada kekuatan asing dengan kepentingannya sendiri-sendiri. Dari 50 butir letter of intent yang ditanda tangani presiden kita waktu itulah akhirnya BUMN-BUMN yang paling menguntungkan negeri ini – seperti di sektor telekomunikasi, pindah kepemilikannya ke tangan asing. Begitu pula bank-bank swasta nasional kita, hampir keseluruhannya kini dipegang tangan-tangan asing di belakangnya.

Kepentingan ekonomi dari pihak-pihak tertentu di sektor pertanian, perikanan dan produk hutan, juga nampak jelas sekali menumpang dalam LOI tersebut diatas. Dampaknya hingga kini adalah produk-produk pertanian dan perikanan asing merajalela di negeri ini. Bentuk dari ‘keterjajahan’ ini akan Anda rasakan ketika Anda membaca laporan-laporan dari wakil pemerintah kita waktu itu yang disampaikan ke IMF. Sampai sekarang kita masih bisa baca filenya di situs resmi IMF (search dengan keyword; "Indonesian Letter of Intents”).

Bukan luka lama yang ingin kita buka kembali, tetapi adalah suatu pelajaran dari sejarah panjang bagaimana suatu negeri bisa memperoleh kemerdekaannya melalui swasembada, dan sebaliknya bagaimana suatu negeri bisa kehilangan kemerdekaannya melalui ketergantungan pada produk-produk asing.

Langkah perjalanan kesana harus segera dimulai. Ada yang merintisnya di dunia pangan, pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan (seperti: www.agribisnis-indonesia.com). Ada pula yang bisa merintisnya melalui teknologi manufaktur (seperti: www.manufaktur-indonesia.com) dlsb seperti: budaya, pendidikan, hiburan dll.

Saya bisa memulai peran saya, dan Andapun bisa memulai peran Anda. Bersama kita rintis jalan untuk kemerdekaan anak-cucu kita. InsyaAllah.
rumah hikmah Description: IMF dan bagaimana peran kita?
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: IMF dan bagaimana peran kita?
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel IMF dan bagaimana peran kita? ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/imf-dan-bagaimana-peran-kita.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah