Menghindari 2 penyebab kegagalan

Posted by Noer Rachman Hamidi on Tuesday, August 6, 2013


Dalam memulai ber-bisnis mandiri kita harus menghindarkan 2 penyebab kegagalan, yaitu Planned But Not Excuted (berencana tapi tidak dilaksanakan) dan Executed But Never Planned (melakukan tapi tanpa ada perencanaan). Sebaiknya tahapan yang harus kita lalui dalam menghindari kegagalan tersebut adalah sbb:

Pertama buatlah rencana; apapun rencana itu. Dalam dunia perencanaan, ada istilah “gagal untuk membuat rencana sama dengan merencanakan untuk gagal”. Bila Anda ingin sebagai professional sampai pensiun misalnya – maka rencanakanlah dengan baik dan bangun kompetensi Anda di profesi yang Anda pilih.
Bila Anda kini karyawan, manager atau eksekutif yang merencanakan untuk pindah kwadrant, maka rencanakanlah dengan baik dibidang usaha apa Anda akan terjun dan pada usia berapa akan mengalihkan kesibukan dan kebiasaan Anda dst.

Kedua adalah istiqomah atau disiplin dalam mengimplementasikan rencana Anda.
Setelah kita merencanakan dan berusaha mengimplementasikan secara maksimal, maka bersamaan dengan itulah kita bertawakkal kepada Allah – insyaAllah Allah akan menyempurnakan upaya dan rizki kita – rizki yang tidak harus berarti materi, bisa berupa keimanan, sakinah dan amal ibadah yang diridloi’Nya.

“... Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya...” (QS 65: 3)

Wallahu A'lam
‪#‎memotivasi‬ diri sendiri.
rumah hikmah Description: Menghindari 2 penyebab kegagalan
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Menghindari 2 penyebab kegagalan
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Menghindari 2 penyebab kegagalan ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://www.nrachman.net/2013/08/menghindari-2-penyebab-kegagalan.html

Bookmark and Share

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah